Selasa, 18 Mei 2010

Iming-Iming 'Video Seksi', Virus Menyebar di Facebook


Jakarta - Virus pertama yang menyebar melalui aplikasi Facebook mulai tercatat di bulan Mei 2010. Versi pertama sudah 'dibunuh' Facebook, versi yang kedua menyebar lebih cepat karena berbekal iming-iming video seksi.

Hal itu disampaikan oleh Alfons Tanujaya, analis antivirus dari Vaksincom, dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (17/5/2010). "Menurut pengamatan Vaksincom, varian kedua dengan tema '[Nama Anda], this is without doubt the sexiest video ever :p :p :p' mulai disebarkan pada hari Sabtu pagi 15 Mei 2010 dan dalam waktu 48 jam telah memakan korban belasan ribu pengguna Facebook," ujarnya.

Menurut Alfons, aplikasi ini cukup berbahaya karena mengeksploitasi sistem pengamanan Apps Facebook. Korban cukup mengklik link ke video seksi tersebut dan, tanpa perlu memberikan persetujuan apapun, ia akan mulai menyebarkan link ke account teman-teman sang korban.

Alfons pun menegaskan bahwa virus Facebook ini menyebar dengan memanfaatkan kelemahan pada Facebook. Oleh karena itu, apapun sistem operasi yang digunakan akan tetap rentan oleh serangan ini.

"Vaksincom menyarankan semua pemilik account Facebook untuk berhati-hati dan jangan pernah mengklik link pada gambar dan pesan seperti ciri-ciri virus ini (lihat gambar di bawah-red)," ujar Alfons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar