Sabtu, 15 Mei 2010

Google Yakin Android Bakal Kalahkan iPhone


Jakarta - Google nampak semakin yakin bahwa ponsel dengan sistem operasi Android bakal bisa menggusur iPhone. Posisi nomor satu atau dua di dunia jadi incaran.


Keyakinan itu diungkapkan CEO Google, Eric Schmidt, di hadapan pemegang saham Google dalam pertemuan di kantor pusat Google. "Sepertinya Android akan menjadi pemain nomor satu atau dua di pasar telepon seluler," ujarnya seperti dikutip detikINET dari AFP, Sabtu (15/5/2010).

Setidaknya, papar Schmidt, ada 65.000 ponsel Android Google yang dipasarkan setiap harinya. Ia juga mengatakan sistem open source Android sudah digunakan pada 34 jenis ponsel di 49 negara. Jika harapan Schmidt itu jadi kenyataan, Google bisa jadi bakal menggeser posisi iPhone di kancah dunia. Dalam kesempatan terpisah, Apple mengutip data IDC telah mengatakan dirinya ada di posisi 3 pasar global di bawah Nokia (1) dan BlackBerry (2). Lembaga riset NPD (National Purchase Diary) mengatakan penjualan smartphone Android melonjak tajam di awal 2010. Ponsel Android berhasil merangkul 28% konsumen ketimbang iPhone yang 'hanya' berhasil merangkul 21% konsumen. "Strategi kami memang berbeda dengan yang lain. Kami memberikan kode lisensi secara gratis, sehingga ini benar-benar revolusioner. Kami mencoba membangun sebuah keterbukaan, kebalikan dari orang lain," tambah Schmidt tanpa menyebutkan nama Apple.Pendiri Google, Larry Page, mengatakan strategi Android akan menambah keuntungan bagi Google.

Salah satunya, ujar Page, melalui akses Google Search dan layanan lainnya. "Saya pikir Anda akan melihat bahwa produk tersebut akan semakin dewasa dan kita akan menemukan cara untuk menghasilkan uang yang lebih banyak dari situ," ujar Page.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar